Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Hidup Sehat
Ketika pasangan menginginkan bayi, mereka mencoba melakukan hubungan seks pada hari ke 11 - 14 dari 28 hari siklus haid wanita, karena saat ini dipercaya sebagai masa subur wanita, yaitu ketika ovulasi terjadi. Namun, seringkali sulit untuk tahu persis kapan ovulasi akan terjadi. Dokter menyarankan bahwa pasangan yang mencoba untuk memiliki bayi berhubungan seks antara hari 7 dan 20 dari siklus menstruasi wanita.

masa subur wanita


Sperma dapat hidup di dalam tubuh wanita selama 3-5 hari. Namun, ovarium melepaskan sel telur yang hanya hidup selama 4 sampai 12 jam. Tingkat kehamilan tertinggi terjadi saat sel telur dan sperma bertemu dalam waktu 4 sampai 6 jam ovulasi. Jadi jangan menunggu sampai ovulasi telah terjadi untuk melakukan hubungan seks.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak yakin kapan atau apakah Anda sedang berovulasi, cobalah menggunakan alat tes kesuburan.

Ada berbagai metode lain yang lain untuk membantu mendeteksi masa subur wanita selain menghitung siklus haid dan menggunakan alat.

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita


Mengevaluasi Cairan serviks

Cairan serviks melindungi sperma dan membantunya bergerak menuju rahim dan saluran tuba. Perubahan cairan serviks terjadi ketika tubuh wanita sudah siap untuk melepaskan telur. Terdapat beberapa tanda untuk mengatahui ini selama siklus bulanan wanita


  1.     Selama periode tersebut, wanita mengeluarkan cairan serviks
  2.     Setelah periode tersebut, vagina menjadi kering dan tidak ada lagi cairan serviks.
  3.     Kemudian berubah menjadi cairan yang lengket
  4.     Cairan menjadi sangat basah / krem / putih - ini adalah saat-saat yang subur bagi wanita
  5.     Cairan menjadi licin, elastis, dan jelas seperti putih telur - ini adalah saat-saat wanita SANGAT     SUBUR
  6.     Setelah ovulasi, vagina menjadi kering lagi (tidak ada cairan serviks )


Anda dapat menggunakan jari-jari Anda untuk melihat apakah terdapat cairan serviks atau tidak. Cari cairan di dalam ujung bawah vagina. Tekan ibu jari dan telunjuk bersama - jika cairan membentang saat Anda membuka ibu jari dan telunjuk, ini bisa berarti ovulasi sudah dekat.

Mengukur Suhu Basal Tubuh

Setelah Anda berovulasi, suhu tubuh Anda akan meningkat dan tetap pada tingkat yang lebih tinggi dari normal untuk sisa siklus ovulasi Anda. Pada akhir siklus, suhu tubuh akan kembali normal.

Anda dapat menggunakan termometer khusus untuk mengukur suhu Anda di pagi hari ketika baru bangun tidur. Gunakan kaca termometer basal atau termometer digital sehingga Anda bisa mendapatkan akurasi hingga sepersepuluh derajat. Pegang termometer di mulut Anda kira-kira selama 5 menit. Cobalah untuk tidak bergerak terlalu banyak, karena sedikit aktivitas  saja dapat meningkatkan suhu tubuh.

Cobalah untuk mengukur suhu anda di waktu yang sama setiap harinya.

Buat grafik dan tuliskan suhu tubuh anda setiap hari. Setelah beberapa hari dilakukan pengukuran, Anda mungkin akan melihat titik di mana suhu menjadi lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya.

Suhu adalah indikator yang berguna kesuburan. Setelah memantau siklus suhu tubuh, Anda mungkin dapat melihat pola yang dapat diprediksi dan mengidentifikasi hari yang paling subur.

Jika anda sudah mengetahui masa subur wanita, anda bisa merencanakan kehamilan dengan lebih tepat, sehingga dapat mendapatkan momongan. Jika informasi mengenai masa subur wanita ini bermanfaat, silahkan share kepada teman-teman anda. Terima Kasih.
Hidup Sehat

3 comments:

  1. Yang paling cepat untuk mengetahui masa subur itu dengan menggunakan kalkulator masa subur atau juga bisa menggunakan kalender sederhana masa subur
    3 cara menghitung akurat masa subur

    ReplyDelete
  2. hi, bagus benar tips ni ya.. sudah boleh mengetahui bila waktu subur nya.. selain itu, pemakanan juga harus dijaga .. mari ke blog sy..ada dikongsi tips untuk kekal sihat cara yang alami.. insyallah.. bisa lg menolong untuk kehamilan.. >>>Amalan untuk sihat secara semulajadi! <<<

    ReplyDelete