12 Ciri dan Tanda Penyakit Ginjal

Hidup Sehat
Banyak orang tidak menyadari bahwa penyakit ginjal bisa saja membunuh kita tanpa kita sadari. Adakalanya penyakit ginjal tidak menunjukan gejala apa-apa hingga kondisinya benar-benar parah. Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal ini supaya kita bisa mengantisipasinya. Berikut 12 ciri dan tanda penyakit ginjal yang harus kita perhatikan:
Perubahan dalam sistem urinasi
Tanda penyakit ginjal yang pertama adalah perubahan pada banyak atau seringnya kita kencing/mengeluarkan air seni. Terjadinya peningkatan atau penurunan volume air kencing yang kita keluarkan dan juga seberapa sering kita perlu untuk mengeluarkan air seni, terutama di malam hari bisa merupakan tanda dari penyakit ginjal. Air kencing yang kita keluarkan berwarna lebih gelap. Terkadang air seni tidak keluar meskipun kita merasa ingin buang air ketika sudah berada di toilet.

gambar ginjalMengalami kesulitan dan disertai rasa sakit saat buang air kecil
Terkadang kita mengalami kesulitan atau ada rasa sakit ketika hendak buang air. Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan rasa sakit atau terbakar saat buang air. Apabila infeksi ini menyebar hingga ke ginjal, maka akan menyebabkan demam dan rasa sakit di sekitar punggung.
Terdapat darah pada air seni
Apabila kita atau keluarga kita menjumpai tanda penyakit ginjal yang satu ini, maka kita patut waspada. Kemungkinan kita menderita penyakit ginjal, meskipun bisa saja karena penyebab lain. Oleh karenanya apabila terdapat darah saat buang air kecil, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.
Pembengkakan
Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan sampah dan cairan yang tidak diperlukan dari tubuh. Ketika fungsi ginjal terganggu, cairan yang tidak terbuang akan mengendap dan menyebabkan pembengkakan di kaki, tangan, wajah, maupun di area lain pada tubuh.
Merasa lemah dan gampang lelah
Ginjal kita memproduksi hormon yang disebut erythropoietin yang membantu dalam pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen dalam tubuh. Saat seseorang menderita penyakit ginjal maka produksi hormon erythropoietin akan menurun sehingga mengalami penurunan jumlah sel darah merah yang menyebabkan anemia. Kurangnya pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah menyebabkan kelelahan dan membuat tubuh menjadi lemah.
tanda ciri penyakit ginjalPusing dan susah konsentrasi
Anemia yang disebabkan oleh penyakit ginjal juga mempengaruhi otak kita karena pasokan oksegen yang berkurang sehingga menyebabkan rasa pusing dan susah untuk berkonsentrasi.
Selalu merasa kedinginan
Seseorang yang mempunyai penyakit ginjal akan merasakan kedinginan meskipun berada pada lingkungan yang hangat dikarenakan anemia. Infeksi pada ginjal dapat menyebabka
n demam disertai dingin yang menggigit.
Ruam pada kulit dan gatal-gatal
Ginjal yang bermasalah menyebabkan sampah atau zat yang tidak berguna menumpuk pada darah. hal ini dpat menyebabkan gatal-gatal dan ruam di kulit.
Bau mulut (seperti bau amonia)
Gagalnya fungsi ginjal akan meningkatkan kadar urea dalam darah. Urea ini akan dipecah menjadi amonia dalam air liur sehingga menyebabkan nafas menjadi bau seperti air seni. Biasanya disertai juga dengan rasa tidak enak seperti logam di mulut.
Mual dan Muntah
Zat sampah yang menumpuk pada darah karena kerusakan ginjal dapat menyebabkan mual dan muntah
Sesak napas
Penyakit ginjal menyebabkan penumpukan cairan pada paru-paru. Ditambah lagi, anemia, yang merupakan efek samping dari penyakit ginjal, menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Orang yang menderita penyakit ginjal akan mengalami kesulitan bernapas karena faktor-faktor tersebut.
Sakit pada punggung atau pinggang
Pada kasus tertentu penyakit ginjal dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar punggung dan pinggang. 


Sangat penting untuk mengidentifikasi penyakit ginjal sedini mungkin karena pada banyak kasus kerusakan pada ginjal tidak dapat diperbaiki. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit ginjal yang parah, segera hubungi dokter apabila menemukan tanda-tanda diatas. Jika diketahui lebih awal, penyakit ginjal dapat diobati dengan lebih efektif. Lebih baik lagi apabila kita aktif mencegah penyakit ginjal dengan cara hidup sehat dan minum air sesuai yang dianjurkan.

Semoga kita senantiasa diberikan Kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit.


Hidup Sehat

1 comments: