Tips Menjaga Kesehatan Mata

Hidup Sehat
menjaga kesehatan mata
Mata adalah salah satu organ terpenting yang ada pada diri kita. Menjaga Kesehatan mata sangat penting agar mata kita senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang mata kita.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata yang kami rangkun untuk anda

1. Jaga Jarak dengan Layar/Monitor
Dengan semakin akrabnya kita terhadap komputer, laptop, tablet, smartphone dan produk-produk teknologi lain yang menggunakan layar, sedikit atau banyak setiap hari mata kita pasti memelototi barang-barang tersebut. Belum lagi dari layar televisi dan layar lain yang memancarkan radiasi yang terdapat di tempet-tempat umum.

Kontras dan silau dari layar elektronik akhirnya dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan, dalam beberapa kasus mengalami yang namanya sindrom visi komputer, yang terjadi setelah penggunaan jangka panjang. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, penglihatan kabur, sakit leher, mata kering atau merah, kelelahan, penglihatan, dan kesulitan fokus.

Para ahli menyarankan agar Anda menjaga mata Anda setidaknya 30-40 cm dari layar.
Jika anda kesulitan membaca teks dari jarak tersebut, coba perbesar ukuran font-nya, bukan memajukan kepala anda.

2. Sering-sering berkedip
Dalam kehidupan sehari-hari, kita berkedip sekitar 15 sampai 20 kali per menit. Tapi tingkat itu turun hingga setengahnya ketika kita melihat teks di layar.

Berkedip penting karena bagian atas kelopak mata menyebarkan air mata di bagian depan mata, atau kornea, seperti wiper. Kalo anda jarang berkedip kornea bisa menjadi kering.


3. Gunakan Kacamata Hitam
Seiring waktu, paparan  sinar ultraviolet (UV) sinar dapat memburuk penglihatan, menyebabkan katarak; degenerasi makula terkait usia, dan pertumbuhan non-kanker dan kanker di permukaan mata, kelopak mata, dan kulit di sekitarnya.

Kacamata hitam mampu menghalangi setidaknya 99 persen dari radiasi UVA dan UVB dan menyaring 75 sampai 90 persen cahaya. Carilah kacamata dengan lensa yang terpolarisasi, yang mengurangi silau dari cahaya, jangan kacamata abal-abal.

4. Makan Seafood
Lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak, juga dapat menurunkan risiko penyakit mata. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology 2011, perempuan yang mengonsumsi tuna kalengan dan daging ikan lainnya ( makarel, salmon, sarden, bluefish, ikan todak ) sekali seminggu memiliki risiko 42 persen lebih rendah untuk terkena AMD (kehilangan fokus pada pusat penglihatan) daripada mereka yang makan seperti ikan kurang dari sekali sebulan.

5. Konsumsi sayuran Hijau
Wortel dikenal luas sebagai makanan yang sehat untuk mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Namun nutrisi yang sesungguhnya sangat berpengaruh adalah lutein dan zeaxanthin - pigmen yang ditemukan dalam makanan seperti gelap, berdaun hijau, brokoli, zucchini, kacang polong, dan kubis Brussel. Peneliti dari University of Georgia di Athena menemukan bahwa sayuran berdaun hijau dapat memperbaiki penglihatan dengan mengurangi efek stres silau dan paparan cahaya terang, karena mereka membantu menyerap sebagian dari cahaya itu.


6. Minum Teh Hijau
Teh mengandung katekin, antioksidan, yang dapat mempertahankan jaringan mata dari AMD dan katarak. Penelitian dari Universitas Cina Hong Kong telah membuktikan bahwa katekin diserap dalam konsentrasi tertinggi dengan jaringan di retina, bagian dari mata yang mendeteksi cahaya.

7. Rawat Lensa Kontak dengan baik
Bersihkan lensa kontak dengan cairan yang bersih dan bebas bakteri, seperti larutan garam. Bersihkan setiap hari dan simpan di tempat yang steril. Jangan lupa untuk melepaskan kontak lensa ketika hendak tidur dan gantilah secara berkala.

8. Bersihkan Makeup Anda
Bakteri dapat berkembang dalam maskara, jadi selalu bersihkan make up anda setelah selesai digunakan. Membersihkan make up juga sangat penting untuk merawat wajah anda agar tetap bersih dan bebas jerawat.

9. Periksakan ke Dokter
Periksakanlah mata pada dokter untuk mengetahui kondisi mata anda secara keseluruhan.
Sebuah pemeriksaan mata yang komprehensif juga dapat menjadi barometer penting dari kesehatan secara keseluruhan.

oya satu lagi, jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata, karena bisa mengurangi kelembaban alami mata, gunakanlah air mata buatan bila memungkinkan.

Semoga tips menjaga kesehatan mata dari Blog Kesehatan bermanfaat untuk kalian.
Hidup Sehat

1 comments:

  1. Brion's Finest Dining Chair with Gr5 Titanium
    The Brion's galaxy watch 3 titanium Finest Dining Chair with ti 89 titanium calculator Gr5 Titanium Sizes Available. For sale at titanium sponge this high-end location. raw titanium We are working titanium mens rings to create the perfect dining chair,

    ReplyDelete