Batu Ginjal : Gejala, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Hidup Sehat

Gejala batu ginjal

Seseorang yang memiliki Batu ginjal biasanya tidak merasakan gejala sampai batu ginjal tersebut bergerak ke ureter. Ketika sudah terasa maka penderita akan merasakan gejala seperti di bawah ini:


  • Sakit parah di pangkal dan/atau samping paha
  • Darah dalam urin
  • Muntah dan mual
  • Sel darah putih atau nanah dalam urin
  • Berkurangnya jumlah urin yang dikeluarkan
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Dorongan yang kuat untuk buang air kecil
  • Demam dan menggigil jika ada infeksi


Diagnosis batu ginjal  

gejala batu ginjalBeberapa tes yang berbeda dapat mendeteksi keberadaan batu ginjal. Pemeriksaan fisik dapat mengungkapkan nyeri kolik (di pangkal paha) dan nyeri di punggung bawah sekitar ginjal. Analisis terhadap urin dapat menunjukkan apakah ada atau tidak ada darah dalam urin dan jika ada infeksi berikutnya. Tes darah dapat dilakukan untuk mengidentifikasi komplikasi yang mungkin menyertai batu ginjal dan untuk memeriksa validitas diagnosis.

CT scan pada perut adalah cara yang paling menyeluruh untuk menguji batu ginjal. CT scan akan memastikan keadaan ureter, kandung kemih, dan ginjal, apakah ada batu atau tidak, ukuran batu ginjal yang tepat dan lokasinya, apakah  ada penyumbatan atau tidak, dan keadaan organ lain yang berdekatan seperti usus buntu, aorta, dan pankreas. Wanita hamil lebih baik melakukan tes USG daripada CT scan untuk menghindari radiasi yang tidak perlu.

Setelah pasien didiagnosis dengan batu ginjal, pemeriksaan dengan x-ray akan digunakan untuk melacak pergerakan batu melalui sistem ekskresi.

Mengobati batu ginjal

mengobati batu ginjalMengobati batu ginjal harus difokuskan pada manajemen gejala, mengeluarkan batu bisa sangat menyakitkan. Jika seseorang memiliki riwayat batu ginjal, perawatan di rumah mungkin saja cocok.Namun, seseorang yang belum pernah memiliki batu ginjal sebelumnya harus mendapat pertolongan medis.

Jika perawatan dilakukan di rumah sakit, perawat akan memberikan obat anti - inflamasi. Narkotika sering digunakan sebagai obat untuk membantu mengurangi rasa sakit ketika mengeluarkan batu ginjal. Obat anti - muntah dapat diberikan juga untuk pasien yang menderita mual dan muntah.

Dalam beberapa kasus, ahli urologi dapat melakukan terapi gelombang kejut yang disebut lithotripsy - pengobatan yang akan memecah batu ginjal menjadi potongan kecil dan memungkinkan untuk keluar. Sebuah studi menunjukkan bahwa terapi gelombang kejut untuk batu ginjal terkait dengan peningkatan risiko diabetes.

Pasien dengan batu-batu besar yang terletak di daerah yang tidak memungkinkan untuk lithotripsy dapat menerima prosedur bedah seperti nephrolithotomy perkutan (pengangkatan batu melalui sayatan di belakang) atau penghapusan batu ureteroscopic (pengangkatan batu melalui tabung tipis ke uretra.

Mencegah batu ginjal

mencegah batu ginjalUntuk individu yang sehat, mencegah batu ginjal bisa dilakukan dengan meminum air dalam porsi yang cukup. Air dapat menggerus mineral-mineral dalam ginjal sehingga tidak membentuk batu. Ketika urin seseorang berwarna terang/putih, bukan berwarna kuning, kemungkinan pembentukan batu berkurang. Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan untuk mencegah beberapa jenis batu bagi individu yang berada pada risiko tinggi.

Sebuah studi menemukan bahwa segelas jus jeruk setiap hari dapat membantu mencegah timbulnya kembali batu ginjal. Seseorang yang beresiko tinggi juga harus mengurangi asupan kafein.

Hidup Sehat

1 comments:


  1. Salam Sukses,
    Blognya Keren lho..

    Kenalkan Kami dari Prodis Advertising, perusahaan periklanan digital Indonesia (PPC Selain Google Adsense) menawarkan kerjasama kepada Anda untuk menjadi Publisher Kami.
    Sengaja kami menawarkan kepada Anda? Karena Kualitas Materi Blog Anda sangat bermanfaat dan menginspirasi.

    APA KELEBIHAN KAMI?
    1. Prosentase pembagian komisi besar, yaitu 60% dari CPC Advertiser
    2. Pembayaran komisi tepat waktu dan tidak ada potongan apapun
    3. Tidak ada syarat dan ketentuan terhadap komisi klik yang di dapat. Iklan kami dapat klik di blog Anda, kami bayar 60% x cpc
    4. Tidak ada batas minimal impressi blog, blog barupun akan kami approve jika konten blog Anda berkualitas (bukan blog pornografi, judi, sara, prostitusi online, HOAX dan atau blog yang melanggar hukum negara republik Indonesia)
    Mari bergabung bersama kami, untuk mendapat penghasilan dari blog yang lebih mudah dengan komisi yang lebih besar
    Cekidot disini: http://promosidisini.com/

    Kami tunggu,
    Terima Kasih

    ReplyDelete