Apa itu Batu Ginjal dan Penyebab Batu Ginjal

Hidup Sehat

Apa itu Batu Ginjal?


batu ginjalBatu ginjal biasanya terdiri dari senyawa yang disebut kalsium oksalat. Kalsium oksalat merupakan hasil akumulasi dari mineral-mineral yang terlarut pada lapisan dalam ginjal. Penumpukan dari mineral-mineral tersebut bisa tumbuh hingga sebesar bola golf.

Batu ginjal yang kecil dapat keluar bersama dengan urin tanpa kita sadari, tetapi batu ginjal juga dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat kita buang air.

Batu ginjal yang mengendap dalam tubuh dapat memicu beragam kondisi, termasuk rasa sakit yang parah dan tersumbatnya ureter, yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih, sehingga menyulitkan urin untuk keluar.

Ilmuwan dari MayoClinic, Rochester, USA, berkata bahwa orang yang mempunyai batu ginjal mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit ginjal kronis.

Apa penyebab batu ginjal?

sebab batu ginjalPenyebab utama seseorang memiliki batu ginjal adalah kekurangan air. Batu ginjal biasanya ditemukan pada orang yang yang meminum air kurang dari delapan gelas air per hari. Ketika tersedia cukup air untuk mengencerkan uric acid(komponen dari urin), pH level ginjal akan menurun dan menjadi lebih asam. Lingkungan yang terlalu asam merupakan tempat ideal untuk pembentukan batu ginjal.

Kondisi medis seperti penyakit Crohn, infeksi saluran kemih, asidosis tubulus ginjal, hiperparatiroidisme, medullary sponge ginjal, dan penyakit Dent telah diketahui dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Beberapa kasus batu ginjal juga dapat disebabkan oleh fluoridasi air atau penambahan fluoride untuk air minum.

Beberapa jenis obat dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Para ilmuwan menemukan bahwa opiramate atau topamax, obat yang biasa diresepkan untuk mengobati migrain dan kejang , dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Faktor lain yang dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal termasuk diet yang tinggi protein dan sodium, tetapi rendah kalsium, gaya hidup, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kondisi tertentu yang mempengaruhi penyerapan kalsium oleh tubuh seperti operasi bypass lambung, penyakit radang usus, dan diare kronis.

Siapa yang bisa terkena batu ginjal?

Pria diketahui memiliki resiko dua kali lebih besar memiliki batu ginjal daripada wanita. Kebanyakan orang yang menderita batu ginjal memilliki rentang umur antara 30 sampai 50 tahun. Riwayat keluarga juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena batu ginjal. Begitu pula jika seseorang pernah memiliki batu ginjal sebelumnya resiko batu ginjal tumbuh kembali cukup besar jika tindakan pencegahan tidak dilakukan.

Hidup Sehat

1 comments: