8 Tanda Tanda Kehamilan

Hidup Sehat
wanita hamil
Apakah anda pernah bertanya-tanya apakah anda hamil atau tidak? Anda mungkin merasakan beberapa tanda-tanda kehamilan seperti kelelahan, mual, sering buang air kecil, dan nyeri payudara. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kehamilan :

1. kelelahan
Kelelahan mungkin adalah tanda yang paling umum saat awal kehamilan, " kata Gil Gross, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Washington University School of Medicine di St Louis.
"Jangan mengkonsumsi kafein yang berlebihan jika ada kemungkinan Anda hamil." Sebaliknya, "Cobalah untuk rileks, tenang saja, dan beristirahat, " kata Donnica Moore, MD, pakar kesehatan wanita di Far Hills, NJ

2. Tidak Nafsu makan
Apabila anda tiba-tiba saja tidak berselera terhadap makanan favorit, bisa saja anda hamil. Banyak wanita melaporkan bahwa hal seperti ini adalah salah satu tanda-tanda pertama dari awal kehamilan. Ini dapat disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta – hCG.

3. Menjadi Lebih Sensitif Terhadap Bau
Aroma yang tidak mengenakan ( seperti asap rokok ), bahkan aroma yang biasanya anda sukai (seperti wangi pasangan) dapat membuat Anda mual selama tahap-tahap awal kehamilan ini. Hal ini mungkin akibat dari meningkatnya kadar hormon. Untuk asap rokok tentu saja anda dapat menghindarinya, bukan? Terlebih asap rokok tidak baik bagi ibu dan janin.

4. Mual dan Muntah
Mual dan muntah dapat beberapa indikasi pertama bahwa Anda sedang hamil. Terjadi karena meningkatnya kadar hormon pada awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi bahkan sampai beberapa minggu awal kehamilan. Namun hal ini bisa jadi hal yang baik, karena anda tahu bahwa anda hamil.
Jangan biarkan perut anda terlalu kosong, sering-sering makan sepanjang hari dapat membantu meredakan mual. Lemon dan peppermint juga dapat mengurangi rasa mual.
Jika Anda terlalu sering muntah, bisa dibicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan.

5. Pembengkakan payudara
Perubahan payudara mungkin tanda awal kehamilan lain. Hal terbaik yang harus dilakukan apabila anda merasakan nyeri pada payudara adalah dengan menggunakan bra yang lebih baik.

6. Sering buang air kecil
Pada awal kehamilan, rahim tumbuh dan mendorong kandung kemih, memicu dorongan untuk buang air kecil lebih sering.
Tidak ada cara untuk menghindari ini, tapi pergi ke kamar mandi sebelum tidur dapat membantu Anda untuk mendapatkan jam tidur sedikit lebih banyak.  Anda mungkin akan bangun setidaknya sekali di malam hari untuk pergi ke kamar mandi.

7. Sesak Nafas
Beberapa wanita merasa agak sesak napas ketika mereka pertama kali hamil dan kadang-kadang selama kehamilan. Hal ini karena Anda membutuhkan ekstra oksigen karena perkembangan embrio. Namun, konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami hal-hal berikut ini :
  • Anda memiliki kecenderungan mendadak sesak napas.
  • Terasa sakit ketika bernapas.
  • Saat anda berbaring sesak napas terasa semakin sakit.

Ini bisa saja menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.

8. Perubahan Fisik
Ada perubahan warna pada vagina dan tekstur pada mulut rahim, seorang dokter yang berpengalaman biasanya dapat mengidentifikasi hal ini.


Ingat bahwa ini hanyalah tanda-tanda awal kehamilan, Tanda tanda diatas bisa juga merupakan gejala lain, termasuk sindrom pramenstruasi ( PMS ). Tanda awal yang paling dapat diandalkan adalah terlambat haid pertama jika Anda memiliki periode menstruasi yang teratur.
Hidup Sehat

1 comments:

  1. Betul sekali. Kalau mau tau tanda-tanda lainnya, lihat di sini ya: http://bit.ly/1fPA2nO :)

    ReplyDelete