Penyakit Psoriasis

Hidup Sehat

Pengertian Penyakit Psoriasis


Penyakit Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit yang mempengaruhi siklus hidup sel-sel kulit. Psoriasis menyebabkan sel berkembang dengan cepat di permukaan kulit, membentuk sisik tebal berwarna keperakan, kering dan menyebabkan rasa gatal yang kadang menyakitkan.

Psoriasis adalah penyakit kronis yang biasanya bertahan lama.
Penanganan yang baik, seperti menggunakan krim cortisone nonprescription dan membiarkan kulit Anda untuk mendapatkan  sinar matahari, dapat mengurangi gejala psoriasis.

Penyebab Penyakit Psoriasis


Penyebab psoriasis belum sepenuhnya diketahui, namun diduga berhubungan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang terutama yang memiliki kerentanan genetik. Lebih khusus lagi, terdapat satu sel kunci yaitu jenis sel darah putih yang disebut limfosit T atau sel T. Normalnya, sel T melakukan perjalanan ke seluruh tubuh untuk mendeteksi dan melawan zat asing, seperti virus atau bakteri. Tapi, jika Anda memiliki psoriasis, sel T menyerang sel-sel kulit yang sehat karena kesalahan, padahal maksudnya untuk menyembuhkan luka atau untuk melawan infeksi.

Sel T yang terlalu aktif memicu respon imun lainnya. Efeknya meliputi pelebaran pembuluh darah di kulit di sekitar plak dan peningkatan sel darah putih lainnya yang dapat masuk ke lapisan luar kulit. Perubahan ini mengakibatkan peningkatan produksi sel kulit. Hal ini menyebabkan siklus perpindahan sel-sel kulit baru ke lapisan terluar kulit terlalu cepat, yaitu terjadi dalam beberapa hari saja, bukan minggu lagi. Kulit mati dan sel-sel darah putih tidak dapat mengelupas cukup cepat, sehingga akibatnya kulit menjadi di tebal dan bersisik pada permukaan kulit. Hal ini biasanya tidak berhenti kecuali dilakukan pengobatan.

Apa yang menyebabkan sel T mengalami kelainan pada orang dengan penyakit psoriasis tidak sepenuhnya jelas, meskipun peneliti berpikir faktor genetik dan lingkungan memiliki peran yang signifikan.

Pemicu Penyakit Psoriasis

Psoriasis biasanya dimulai atau memburuk karena pemicu yang mungkin dapat kita identifikasi dan hindari. Faktor-faktor yang dapat memicu psoriasis meliputi:


  • Infeksi, seperti radang tenggorokan atau sariawan
  • Cedera pada kulit
  • gigitan serangga
  • sengatan matahari parah
  • cuaca dingin
  • merokok
  • Konsumsi alkohol berat
  • Obat-obat tertentu - termasuk lithium, beta blockers, obat antimalaria, dan iodida

Untuk Obat dan Penyembuhan dari penyakit psoriasis akan dibahas di post berikutnya.
Hidup Sehat

0 comments:

Post a Comment