Manfaat Daun Sirsak

Hidup Sehat
Manfaat Daun Sirsak. Sirsak adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah sirsak banyak dijumpai di amerika selatan, afrika dan asia tenggara, terutama di Indonesia. Setiap bagian dari pohon sirsak bisa digunakan sebagai obat. Penelitian terbaru menunjukan bahwa sirsak mengandung sel anti-kanker. Selain sebagai anti-kanker buah sirsak juga memiliki manfaat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh, kulit, dan rambut.

manfaat daun sirsak
Daun Sirsak adalah bagian yang memiliki manfaat paling besar. Daun sirsak mengandung senyawa Acetoginin yaitu bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetoginin bertindak sebagai anti-feedent. Sehingga sering digunakan untuk membasmi hama dan serangga. Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute berhasil membuktikan bahwa daun sirsak efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Selain untuk kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit-penyakit lain.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan:


Daun sirsak kaya akan vitamin dan mineral, termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan vitamin B dan lain sebagainya. Dengan demikian, daun sirsak sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat herbal.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Pengobatan Kanker:

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan kemoterapi yang cukup mahal dan mengakibatkan beberapa efek samping. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif yang 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk kanker prostat, paru-paru dan payudara.

Untuk pengobatan, Rebuslah 10 daun sirsak dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa kira-kira satu cangkir air, saring dan dinginkan.  Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saat ini Daun sirsak merupakan salah satu obat paling ampuh untuk membasmi kanker.

2. Pengobatan Asam Urat:

Daun sirsak dapat sangat membantu dalam mengobati asam urat. Bahkan, banyak pengobatan alternatif menggunakan daun sirsak sebagai bahan untuk obat.
Ambilah 6 sampai 10 daun sirsak  yang tua tetapi masih hijau kemudian cuci sampai bersih. Rebus daun dalam 2 gelas air dan didihkan sampai airnya tersisa kira-kira satu gelas. Minumlah dua kali sehari pada pagi dan sore untuk hasil terbaik.


3. Mengobati Nyeri Punggung

Dewasa ini banyak orang yang mengeluh akibat sakit punggung. Penggunaan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping.
Daun Sirsak dapat digunakan sebagai alternatif herbal untuk mengatasi sakit punggung tanpa efek samping.
Rebuslah 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minumlah sekali dalam sehari.

4. Pengobatan Eksim dan Rematik :

Penyakit rematik, yang biasanya dialami oleh orang tua, dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat. Daun Sirsak adalah pengobatan alami untuk penyakit ini.
Tumbuk daun sirsak sampai halus kemudian menerapkan pada area tubuh yang terkena nyeri dan eksim secara teratur dua kali sehari.

5. Pengobatan Diabetes :

Batas kadar gula normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi alami diabetes. Semua ini membuat daun ini bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi :

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh.
Rebus 5 buah daun sirsak dengan 4 gelas air sampai tersisa satu cangkir air. Minumlah sekali dalam sehari.

7. Manfaat lain:

manfaat daun sirsak
Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat menyembuhkan yang terdapat pda daun sirsak membuatnya dapat digunakan sebagai obat anti - kejang. Daun sirsak juga mampu menurunkan demam dan tekanan darah tinggi.

Daun sirsak juga membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Bisa juga digunakan untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi daun sirsak secara teratur dapat membantu meningkatkan stamina dan membantu pemulihan dari penyakit.



Manfaat Daun Sirsak Untuk Kulit:


Daun sirsak dapat juga digunakan untuk mengatasi penyakit kulit

8. Pengobatan Bisul:

Bisul dapat terjadi pada tubuh atau wajah, sehingga mengganggu kesehatan kulit dan kecantikan. Daun sirsak adalah obat alami untuk menyembuhkan bisul. Tumbuklah beberapa daun sirsak yang masih muda, lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

9. Pengobatan Eksim :

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, daun sirsak dapat mengobati eksim dengan cara alami. Gunakanlah daun sirsak yang sudah ditumbuk halus sebanyak dua kali sehari pada bagian tubuh yang terkena eksim.

Manfaat Sirsak Daun Untuk Rambut:


10. Menghilangkan Kutu:

Polusi yang yang ada di tengah-tengah kita dapat menimbulkan masalah bagi rambut, seperti ketombe, rambut bercabang dan lain-lain.
Rambut yang kotor dapat menjadi penyebab berkembangnya kutu di rambut.
Nah, anda dapat menggunakan daun sirsak ini untuk membasmi kutu

Mungkin masih terdapat manfaat daun sirsak lainnya yang masih belum terungkap.
Jadi, kalo kamu punya pohon sirsak atau mendapati pohon sirsak ketika berjalan-jalan, ambil segera daunnya. Minta izin dulu sama yang punya tapi. Semoga artikel dari Blog Kesehatan kali ini bermanfaat.
Hidup Sehat

0 comments:

Post a Comment